Setelah Taman Pancasila Kini Kawasan Siwatu Tegalsari Kota Tegal Direvitalisasi

yahya, 06 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Semarang. Penataan kota Tegal nampaknya terus digenjot Pemkot Tegal sebagai langkah implementatif visi misi pasangan kepala daerah Dedy Yon – Jumadi. Setelah rencana revitalisasi Taman Pancasila yang tinggal tunggu Ground Breaking, kali ini melalui Wakil Walikota, Muhamad Jumadi, ST.MM dipaparkan rencana penataan kawasan permukiman kumuh disepanjang bantaran sungai Siwatu yang terletak diwilayah Kelurahan Tegalsari, Tegal barat, Kota Tegal. Paparan tersebut disampaikan di Balai Prasarana Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah, Dirjend Cipta Karya Kementerian PUPR Semarang, Rabu (5/2)

Disebutkan Muhamad Jumadi, gagasan pemaparan itu disampaikan sebagai upaya Pemerintah Kota Tegal menggandeng Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR agar dapat menjembatani kepada World Bank sebagai lembaga pembiayaan untuk Revitalisi kawasan kumuh Pesisir Barat Kota Tegal Segmen Siwatu.

Menurutnya , pihaknya juga akan melakukan paparan serupa di Kantor Pusat Kementerian PUPR di Jakarta pekan depan. Dirinya berharap dengan  rencana tersebut, kawasan pesisir barat Kota Tegal utamanya pada Segmen Siwatu Tegalsari tidak lagi menjadi kawasan kumuh. Namun dapat menjadi salah satu kawasan yang terintegrasi antara Kolam Retensi dan Taman Tegalsari yang saat ini sudah ada.

Lokasi tersebut selain akan dilakukan revitalisasi juga ada Pembangunan Ruang Terbuka Hijau berupa taman yang dilengkapi dengan Pasar Apung (Floating Market) dalam satu kawasan.

" Tentu kita semua berharap kedepan kawasan tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kota Tegal maupun luar kota untuk melepas penat dan berkreasi," katanya.

" Oleh sebab itu (pihak Pemkot – red) meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tegal agar semua rencana pembangunan di Kota Tegal dapat berjalan dengan baik, “ Ujar Wakil Walikota Muhamad Jumadi.

Sementara itu pihak Satuan Kerja Pelaksanaan Prasaran Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah Direktorat Jenderal Cipta Kaya Kementerian PUPR melalui Kepala Satkernya Endra Bekti Nusantara, ST merespond usai paparan dengan pernyataan dukungannya terhadap rencana tersebut. Bahkan pihaknya meminta Pemkot Tegal menyiapkan dokumen serta kelengkapan yang dibutuhkan sebelum melakukan paparan di Kantor Kementerian PUPR pusat di Jakarta.

"Sajikan informasi dengan jelas, termasuk isu atau alasan utama kenapa kawasan tersebut harus dibangun serta dampaknya kedepan," Pungkas Endro. (AY/***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu