SD Negeri Kabunan 01 Menuju Adiwiyata Mandiri

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAJATENG.COM, TEGAL. Untuk menuju penghargaan Adiwiyata Mandiri bukan persoalan mudah. Sebab perlu dibangun dengan proses panjang melalui pembentukan karakter siswa termasuk dukungan dari semua komponen yang terlibat didalamnya.

Dalam rangka menyongsong Adiwiyata Mandiri, SD Negeri Kabunan 01, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal telah bersiap diri. Kesiapan diri SD tersebut bukan tanpa alasan karena selain sudah melewati penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Provinsi dan nasional juga aturan sekolah telah menciptakan kesadaran berlingkungan.

" Tentunya kita harus melakukan penanaman karakter siswa untuk terbentuknya kesadaran lingkungan," Ujar Sri Murni, SPd, MPd, Kepala sekolah SD Negeri Kabunan 01 yang memiliki 283 siswa.

Menurutnya, penanaman kesadaran itu juga diterapkan keseluruh unsur seperti guru dan orang tua murid untuk mendorong menuju sekolah yang sehat.

" Contoh kecil saja misalkan, lantai yang kotor, meskipun itu tugasnya petugas kebersihan, tapi kalau kita lihat, ya kita bersihkan," Demikian Sri Murni mencontohkan.

Adiwiyata sebagaimana kita ketahui merupakan program yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional bertujuan mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan penghargaan.

Pelaksanaannya berbasis pada prinsip edukatif, partisipatif dan berkelanjutan. Untuk memperoleh penghargaan Adiwiyata, sekolah harus menunjukan komitmenya dan kerja kerasnya untuk memenuhi (4) empat komponen ketentuan.

Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan

“ Pengelolaan sarana dan prasarana tidak mesti menggunakan bahan-bahan yang harus dibeli dengan harga mahal. Kita harus kreatif mendayagunakan barang-barang yang sepertinya sudah tidak dipakai, bagaimana kita olah menjadi barang yang bermanfaat dan dapat dinikmati bersama,” Pungkas Sri Murni pada kontributor wartajateng.com, Untung Prasetyo (Senin, 2/4).

SD Negeri Kabunan 01 telah melewati program berjenjang itu dari mulai tingkat kabupaten /kota, provinsi dan nasional. Kini setidaknya, Kepala sekolah Sri Murni dengan dukungan semua komponen sekolah, terus berbenah diri menuju penghargaan Adiwiyata Mandiri. (Anis Yahya)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita